Beliau adalah Yahya bin Syaraf bin Hasan bin Husein bin Jam’ah Al-Haazi
Muhyiddin Abu Zakariya An.-Nawawi Asy Syafi’i Al-’Allamah, Syaikhul
Madzhab dan termasuk fuqaha’ senior.
Beliau lahir di Nawa, sebuah desa di selatan Damaskus pada tahun
631 H. Beliau tumbuh dan melihat lailatul qadar tatkala berumur tujuh
tahun dan tanda-tanda kebagusannya telah nampak pada din beliau semenjak
kecil.
Syaikh Yaasin bin Yusuf Al-Marakisyi berkata: “Aku melihat
Syaikh tatkala beliau berumur 10 tahun di Nawa. Anak-anak yang lain
memaksa beliau untuk diajak bermain, namun beliau lan dan mereka sembari
menangis karena dipaksa bermain-main bersama mereka. Beliau menghafal
Al-Qur’an pada umur tersebut dan jadilah Al-Qur’an itu sesuatu yang
dicintai hatinya. Ayah beliau menyuruhnya menunggu toko, akan tetapi
jual beli tidak menyibukkan beliau untuk membaca Al-Qur’an.
Syaikh Yasin berkata: “Aku mendatangi gurunya dan berwasiat
kepadanya dan aku katakan: “Sesungguhnya ia (An-Nawawi) dapat diharapkan
menjadi orang yang paling pandai di zamannya, yang paling zuhud dan
manusia dapat mengambil manfaat dannya”. Maka guru tersebut berkata
kepadaku: “Apakah engkau ini tukang ramal?” Aku katakan: “Bukan, ini
hanyalah menurut Wawasan yang Allah berikan kepadaku”. Lalu guru
tersebut mencenitakan hal itu kepada orang tuanya sehingga orang tuanya
bersemangat untuk mendorong beliau agar segera menghafalkan Al-Qur’an
dan memperlakukan beliau dengan lembut.”
KEDATANGAN BELIAU DI DAMASKUS DAN TINGGALNYA BELIAU DISANA
Imam An-Nawawi berkata: “Tatkala menginjak usia 19 tahun orang
tuaku membawaku ke Damaskus lalu aku tinggal di Madrasah Rawahiyah
selama kurang lebih dua tahun untuk mencari ilmu dan tinggal di
dalamnya”. Beliau menegakkan ibadah dan beliau mencukupi keperluan
hidupnya dan pemberian madrasah dan beliau infakkan sebagian darinya.
Beliau menunaikan haji tatkala beliau tinggal di Damaskus tahun
651 H. Beliau tinggal di Madinah Al-Munawarah selama satu setengah
bulan, ketika itu wukuf di Arafah bertepatan dengan hari Jum’at.
Disebutkan bahwa tatkala beliau keluar untuk pergi haji tiba-tiba
terserang demam dan hal itu tidak berakhir hingga beliau wuquf di
Arafah, namun beliau tetap bersabar, tidak berhenti sedikitpun. Setelah
beliau menyempurnakan haji lalu kembali ke Damaskus. Setelah itu Allah
betul-betul mencurahkan atas beliau dengan hujan ilmu dan nampaklah
atasnya -sebagaimana yang disebutkan oleh Imam Adz-Dzahabi dalam Siyaru
A’lam AnNubala’- tanda-tanda kecerdikan dan kepandaiannya.
KESIBUKAN BELIAU DALAM MENCARI ILMU
Beliau senantiasa berkutat dengan ilmu dan meniti jejak para
salaf dalam beribadah, baik dalam hal shalat, shiyam, wara’ dan tidak
menyia-nyiakan waktu sedikitpun. Beliau membaca 12 pelajaran setiap
harinya dari para syaikh berupa penjelasan maupun pendalaman dan kitab
Al-Wasith, juga Al-Muhadzdzab, Al-Jam’u baina Shahihain, Shahih Muslim,
Al-Lam’u karya Abu Ishaq AsySyairaazi,Ushul Al-Fiqh, Al-Muntakhib karya
Fakhru Ar-Raazi, nama-nama rijalul hadits dan tentang pokok-pokok dien.
Beliau juga menta’liq (mengomentari) apa-apa yang berkaitan dengan
kitab-kitab tersebut, menerangkan yang sulit dan menjelaskan
kaidah-kaidah bahasanya. Allah memberkahi waktu beliau dan membantunya
untuk meraih apa yang beliau tekadkan.
Seakan iradah Allah telah mengistimewakan seorang alim yang
agung ini untuk berkhidmat kepada ilmu-ilmu syar’i, sehingga pada
gilirannya beliau menjadi rujukan bagi para ulama dan tumpuan para
fuqaha’. Allah telah mencabut dan hati beliau unsur-unsur yang menjadi
penghalang bagi tercapainya tujuan ini.
Beliau berkata: “Suatu ketika, terdetik di hatiku untuk
menyibukkan din dengan ilmu kedokteran, maka aku membeli kitab Al-Qanun
(karya Ibnu Sina) dan aku bertekad untuk menyibukkan din dengannya.
Namun hatiku serasa gelap hingga berhari-hari aku tak ada semangat untuk
berbuat apa-apa. Lalu aku memikirkan nasib diriku, dan pintu mana aku
hendak berbuat. Kemudian Allah Ta’ala mengilhamkan aku untuk berkutat
dengan ilmu kedokteran sebagai Sebab (kembalinya semangatku). Maka aku
menjual buku tersebut dan aku keluarkan buku-buku di rumahku yang
berkaitan dengan ilmu kedokteran, lalu hatiku serasa bersinar dan aku
mendapatkan kembali apa yang telah hilang dariku”.
Dengan semangat beliau yang tinggi dalam hal ilmu ini, beliau
tidak tidur malam melainkan sebentar saja. Beliau tidur sejenak
bersandarkan buku-bukunya kemudian bangun untuk mengulangi pelajaran dan
ilmu. Beliau tidak menyia-nyiakan waktu malam ataupun siangnya. Selalu
beliau gunakan waktunya untuk sibuk dengan ilmu dan ibadah.
Sarnpai-sampai manakala beliau bepergian, ketika berada di jalan beliau
tetap asyik mengulang-ulang hafalannya, terlebih dengan banyaknya beliau
membaca Al-Qur’an Al-Karim dan kebiasaan beliau untuk senantiasa
berdzikir serta berpaling dan dunia menghadapkan wajahnya ke akhirat.
KARYA-KARYA BELIAU
Beliau memiliki karya yang berjumlah banyak, bermanfaat besar
dan berfaedah agung. Di antara bab-babnya ada yang telah beliau
sempurnakan ada pula yang belum disempurnakan. Di antara karya beliau
adalah:
1. Al-Arba’in
2. Riyadhu Ash-Shalihin
3. Al-Minhaaj lisyarhi Shahih Muslim bin Hajjaj
4. Syarh Al-Jami’ Ash-Shahih Iil Bukhari
5. Syarah Sunan Abi Daud
20. At-Tahqiiq
21. At-Tarkhish fii Al-Ikram bit Qiyaami ii Dzawil Fadhl wal Maziyah min Alili Al-Islam
22. At-Taqrib wa At-Taisir li Ma’rifah Sunan Al-Basyir AnNadziir
23. Taqriib Al-Irs yad ila Ilmi Al-Isnaad
24. Tahdzib Al-Asma’ wa Al-Lughat
25. Ruuh Al-Masa’il fii Al-Furuu’
26. Al-Isyaaraat ila Bayaani Al-Asmaa’ Al-Mubhimaat fii Mutuuni Al Asaanid
27. Uyuunu Al-Masa’il Al-Muliimmah
28. Ghi its An-Naf’i fii Al-Qiraa’at As-Sab’i
29. Al-Mublijm ‘Ala Huruufi Al-Mu’jam
30. Mir’atu Az-Zamaan fii Taarikh Al-A’yaan
31. Al-Mantsuuraat wa Uyuun Al-Masa’il Al-Muhimmat
32. Al-Fatawa
33. Thobaqaatul Fuqahaa’
34. Tashnif Fil Istiqsa’ Wa Fi Istihbabil Qiyaam Li Ahlil Fadhl
Adapun kitab yang tidak sempat beliau tulis sampai selesai adalah:
1. Syarh Al-Muhadzdzab. Ketika tengah menyusun kitab ini-lah beliau wafat. Kitab ini, baru sampai pada pembahasan Riba;
2. At-Tahqiiq. Kitab ini baru sampai pada pembahasan Shalat Musafir;
3. Syarh Muthawwal ’Alat Tanbih. Disebut juga dengan Tuhfatut Thalibin Nabiih, baru sampai pada pembahasan Shalat;
4. Syarh Al-Wasith, disebut juga dengan At-Tanqih, baru sampai pada pembahasan Syarat Shalat; dan
5. Al-Isyarat Ila MaWaqa’a Fir Raudhah Minal Asma’ Wal Ma’ani Wal Lughat. Kitab ini baru sampai pada pemba-hasan Shalat.
GURU-GURU BELIAU
Beliau menjumpai para ahli ilmu baik dalam bidang fikih, hadits,
bahasa, ushul dan yang lain, mengambil manfaat dan mereka sesuai dengan
spesialisasi mereka. Dan di antara syaikh-syaikh tersebut adalah:
1. Abu Ibrahim Ishaaq bin Ahmad bin Utsman Al-Maghribi
2. Abu Hafsh Umar bin As’ad Al-Irbili
3. Abu Al-Hasan Silaar bin Al-Hasan Al-Irbili
4. Abu Muhammad Abdurrahman bin Nuuh Al-Maqdisi.
Imam An-Nawawi belajar kepada beliau tentang fikih, qira’ah,
tashhih, sima’, syarh dan ta’liq. Demikian pula beliau mengambil ilmu
hadits dan rijalnya kepada:
5. Abu Ishaq Ibrahini bin Isa Al-Muradi
6. Abu Al Baqaa’ Khaalid bin Yuusuf An-Nabilisi
7. Adh Dhiya’ bin Tamam Al-Hanafi
8. Abu Ishaq Ibraahim bin Au Al-Waasithi
9. Abu Al-Abbas Ahmad bin Abd Ad Da’im Al-Maqdisi
10. Abu Muhammad Isma’il bin Ibrahim At-Tanuukhi
11. Abu Al-Faraj Abdurrahman bin Muhammad bin Ahmad bin Qudamah Al-Maqdisi.
Beliau belajar bahasa dari:
12. Abu Al-Abbas Saalim bin Ahmad Al-Mishri
13. Abu Abdillah Muhammad bin Abdillah Maalik Al Jiyaani penulis Alfiyah.
Beliau belajar Ushul Fikih kepada:
14. Abu Al-Fath Umar bin Bandar bin Umar At-Tafluisi Asy-Syafi’i.
MURID-MURID BELIAU
Melalui tangannya, bermunculan para ulama besar, di antaranya
adalah Sulaiman bin Hilal al-Ja’fari, Ahmad Ibnu Farah al-Isybili,
Muhammad bin Ibrahim bin Sa’dullah bin Jama’ah, ’Ala-uddin ’Ali Ibnu
Ibrahim yang lebih dikenal dengan Ibnul ’Aththar, ia selalu menemaninya
sampai ia dikenal dengan sebutan Mukhtashar an-Nawawi (an-Nawawi
junior), Syamsuddin bin an--Naqib, dan Syamsuddin bin Ja’wan dan masih
banyak yang lainnya.
PUJIAN TERHADAP BELIAU
Syaikh An-Nawawi -semoga Allah meridhainya- hidup dengan meneladani para
syaikh dan pendahulu mereka (para salaf), meniti jejak mereka membuat
hidup beliau di penuhi dengan takwa dan qana’ah, wara’ merasa diawasi
Allah baik tatkala sendiri maupun di saat ramai. Beliau tinggalkan
lezatnya makanan dan mewahnya pakaian. Beliau mencukupkan diri dengan
sedikit makan dan berpakaian yang sederhana.
Beliau digelari Muhyiddin (yang menghidupkan agama) dan membenci gelar
ini karena tawadhu’ beliau. Disamping itu, agama islam adalah agama yang
hidup dan kokoh, tidak memerlukan orang yang menghidupkannya sehingga
menjadi hujjah atas orang-orang yang meremehkannya atau meninggalkannya.
Diriwayatkan bahwa beliau berkata: ”Aku tidak akan memaafkan orang yang
menggelariku Muhyiddin.”
Beliau adalah manusia yang sangat wara dan zuhud. Adz-Dzahabi berkata:
"Beliau adalah profil manusia yang berpola hidup sangat sederhana dan
anti kemewahan. Beliau adalah sosok manusia yang bertaqwa, qana’ah,
wara, memiliki muraqabatullah baik di saat sepi maupun ramai. Beliau
tidak menyukai kesenangan pribadi seperti berpa-kaian indah, makan-minum
lezat, dan tampil mentereng. Makanan beliau adalah roti dengan lauk
seadanya. Pakaian beliau adalah pakaian yang seadanya, dan hamparan
beliau hanyalah kulit yang disamak." Beliau selalu berusaha untuk
melakukan amar ma’ruf dan nahi munkar sekalipun terhadap penguasa.
Beliau sering berkirim surat kepada mereka yang berisi nasihat agar
berlaku adil dalam mengemban kekuasaan, menghapus cukai, dan
mengembalikan hak kepada ahlinya. Abul Abbas bin Faraj berkata: "Syaikh
(An-Nawawi) telah berhasil meraih 3 tingkatan yang mana 1 tingkatannya
saja jika orang biasa berusaha untuk meraihnya, tentu akan merasa sulit.
Tingkatan pertama adalah ilmu (yang dalam dan luas).Tingkatan kedua
adalah zuhud (yang sangat). Tingkatan ketiga adalah keberanian dan
kepiawaiannya dalam beramar ma’ruf nahi munkar."
WAFATNYA
Pada tahun 676 H. beliau kembali ke kampung halaman-nya Nawa,
sesudah mengembalikan berbagai kitab yang dipinjamnya dari sebuah badan
waqaf, selesai menziarahi makam para guru beliau, dan sehabis
bersilaturrahim dengan para sahabat beliau yang masih hidup. Di hari
keberangkatan beliau, para jama’ah yang beliau bina melepas kepergian
beliau di pinggiran kota Damaskus, mereka lalu bertanya: "Kapan kita
bisa bermuwajahah lagi (wahai syaikh)?" Beliau menjawab: "Sesudah 200
tahun." Akhirnya mereka paham bahwa yang beliau maksud adalah sesudah
hari kiamat.
0 komentar